“fatwah” apakah pubg haram || 2020

“fatwah” apakah pubg haram || 2020


“fatwah” apakah pubg haram || 2020

apakah pubg haram – apakah pubg haram 2020

KOMPAS.com – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa mengharamkan permainan game PlayerUnknown’s Battlegrounds atau yang lebih dikenal dengan PUBG dan permainan sejenisnya. Fatwa itu dikeluarkan setelah melakukan kajian dan dengar pendapat bersama pakar Informasi dan Teknologi (IT), psikolog dan Fikih Islam secara mendalam saat Sidang Paripurna Ulama ke-III Tahun 2019 selama dua hari. Menurut para ulama, permainan PUBG dan sejenisnya memiliki unsur kekerasan dan kebrutalan.

1. Fatwa PUBG haram dimainkan di Aceh Lihat Foto Ilustrasi poster PUBG Mobile dengna Godzilla(Tencent) Para ulama yang tergabung di MPU Aceh telah mengeluarkan fatwa haram untuk permainan PUBG dan sejenisnya. “MPU Aceh mengeluarkan fatwa permainan game PUPG dan sejenisnya haram hukumnya di Aceh,” kata Wakil Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (19/6/2019). Fatwa itu dikeluarkan setelah melakukan kajian dan dengar pendapat bersama pakar Informasi dan Teknologi (IT), psikolog dan Fikih Islam secara mendalam saat Sidang Paripurna Ulama ke-III Tahun 2019 selama dua hari. Baca juga: PUBG Haram di Aceh

2. Pertimbangan MPU Aceh haramkan PUBG

Pemerintah Malaysia Desak Ulama Keluarkan Fatwa Haram PUBG

Setelah dua hari berdiskusi bersama para ahli dan pakar informasi dan teknologi, psikolog dan Fikih Islam, para ulama menyimpulkan permainan PUBG tidak bermanfaat bagi perkembangan anak-anak di Aceh. “Hasil rapat, PUBG sama dengan hukum bermainnya haram. Alasan utamanya adalah karena permainan ini secara perlahan bisa membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak, dan dampaknya bisa melahirkan perilaku yang tidak baik,” ucap Faisal Ali, Rabu (19/6/2019). Selain itu, PUBG juga menganggap PUBG mampu membuat anak menjadi liar serta dapat mengancam kehidupan rumah tangga.

3. Berpotensi lecehkan simbol-simbol Islam

Menurut Faisal, permainan PUBG yang dimainkan secara “live” juga berpotensi mendiskreditkan simbol-simbol Islam. Karena itu dalam upaya menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, MPU Aceh sepakat mengharamkan permainan ini. “Ini sudah melalui kajian yang cukup panjang. Oleh karenanya diputuskan untuk di Aceh, MPU Aceh menyatakan bahwa main PUBG itu haram. Fatwa haram main PUBG itu disepakati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Faisal. Setelah mengeluarkan fatwa haram terhadap game PUBG dan sejenisnya tersebut, MPU Aceh berharap kepada pemerintah untuk berupaya agar bisa memblokir konten-konten game PUBG dan sejenisnya.


عن الكاتب

Abdallah

كاتب محتوى وأحب كل شيء مفيد ونافع للجميع.